Cara Daftar CPNS Di SSCN.BKN.Go.Id Tahun Ini

Cara Daftar CPNS Online Terbaru

Cara Daftar CPNS – Banyak orang yang berharap bisa menjadi seorang PNS (Pegawai Negeri Sipil). Karena salah satu alasan daftar PNS adalah agar memperoleh gaji yang lebih besar dan beban pekerjaan yang dimiliki tidak terlalu berat layaknya kerja dikantoran. Sayangnya untuk menjadi seorang PNS tidak seperti melakukan pendaftaran pekerjaan lainnya. Oleh karena itu harus melalui seleksi yang begitu ketat dan harus memenuhi persyaratan mendaftar CPNS belum ditambah lagi harus bersaing dengan jutaan orang yang mendaftar.

Banyak yang merasakan frustasi karena sulitnya seleksi CPNS. Padahal syarat daftar CPNS yang diberikan tidak begitu berat seperti yang dibayangkan dan untuk proses pendaftaran menjadi seorang CPNS juga tidak begitu sulit. Namun semuanya bisa kembali lagi dengan rejeki masing-masing setiap orang. Karena jika memang belum rejekinya, tetap saja sangat sulit diterima sebagai PNS. Walaupun begitu, kita dianjurkan untuk terus berdoa karena takdir bisa di rubah asalahkan kita mau berikhtiar dan tak ada salahnya kita untuk mencoba mendaftar CPNS secara online saat lowongan CPNS dibuka.

Advertisement

Pembukaan lowongan bagi CPNS biasanya diadakan setiap satu tahun sekali atau ketika pemerintah sedang membutuhkan tambahan pengawai negeri sipil untuk formasi tertentu. Apabila kalian ingin mendaftar bisa dengan cara melalui sistem online dan untuk menyiapkan berbagai persyaratan yang wajib bisa kalian penuhi agar bisa diterima menjadi PNS. Namun yang tidak kalah penting, sobat perlu menyiapkan mental kuat agar tidak kecewa dikemudian hari apabila tidak diterima sebagai pegawai negeri sipil.

Cara Daftar CPNS Online Terbaru

Cara Daftar CPNS Online Terbaru

Perjuangan untuk menjadi seorang PNS diawali dengan kita mendaftarnya. Untungnya dengan cara daftar CPNS terbilang sangat sangat mudah. Sekarang ini kalian cukup via online untuk mendaftarkan diri yang mana proses birokasi semakin lebih mudah. Akan tetapi, kalian wajib mengikuti setiap prosedur yang telah diberikan agar proses pendaftaran CPNS berjalan dengan lancar. Dan untuk kalian yang belum tahu bagaimana cara daftar CPNS Online tahun ini 2021, silahkan kalian bisa simak dibawah ini.

1. Membuka Situs SSCN

Membuka Situs SSCN

Proses dilakukannya pendaftaran CPNS online 2021 wajib dilakukan melalui halaman website https://sscn.bkn.go.id yang mana ini merupakan alamat situs resmi milik Badan Kepegawaian Negara (BKN). Di halaman website tersebut disana telah disediakan berbagai informasi mengenai lowongan CPNS terbaru yang disesuaikan berdasarkan pendidikan, jabatan, instansi, dan lokasi formasi. Lebih dari itu terdapat pula berbagai informasi lainnya mengenai penerimaan bagi CPNS, seperti tersedianya layanan Call Center, Helpdesk, dan juga menu registrasi CPNS.

Advertisement

2. Membuat Akun SSCN

Membuat Akun SSCN

Silahkan kalian membuka halaman webiste SSCN atau Sistem Seleksi CPNS Nasional, yang mana berikutnya kalian bisa membuat akun SSCN agar bisa mendaftar menjadi CPNS. Adapun cara daftar CPNS 2021 adalah sebagai berikut.

  1. Silahkan buka webiste SSCN berikut ini dengan mengujungi link https://sscnakun.bkn.go.id/akun
  2. Tentukan Jenis Formasi yang disediakan
  3. Selanjutnya Nomor Induk Kependudukan sesuai KTP
  4. Dan Masukan Nomor Kartu Keluarga
  5. Berikutnya ketik Kode Captcha, lalu tap tombol “Lanjutkan
  6. Kemudian kalian perlu mengisikan alamat email yang masih digunakan, lalu password login dan mengisi beberapa pertanyaan keamanan yang ada
  7. Berikutnya kalian harus upload pas foto dengan size minimal 120 kb dan maksimal 200 kb dengan format .JPG atau .JPEG
  8. Jika semua step cara daftar CPNS Online 2021 di atas telah dipenuhi, untuk selanjutnya kalian perlu mencetak Kartu Informasi Akun SSCN

Begitulah cara daftar CPNS Online 2021 tahun ini sangat mudah bukan. Akan tetapi prosesnya tidak hanya disitu saja dimana kalian masih terus melewati berbagai tahapan tes dan proses seleksi yang sangat ketat. Bahkan terlebih kita memiliki saingan dengan berbagai ribuan pelamar lainnya dari berbagai provinsi di Indonesia yang mengincar posisi formasi yang sama seperti yang disediakan pada situs SSCN.

3. Login ke SSCN

Login ke SSCN

Jadi apabila kalian sudah melakukan proses pendaftaran dan telah selesai, maka untuk langkah berikutnya kalian tinggal Login menggunakan Password dan NIK yang kalian gunakan untuk mendaftar tadi. Kalian bisa masuk ke dashboard SSCN dengan klik menu Login pada halaman website SSCN atau bisa juga mengunjungi link https://sscndaftar.bkn.go.id. Untuk masuk ke akun SSCN silahkan masukan NIK dan Password kalian, berikutnya tap tombol “Masuk”. Nah jika kalian merasa lupa atau ragu dengan password yang kalian buat, silahkan kalian bisa melakukan reset dengan mengisi form lupa password.

4. Mendaftar Instansi

Mendaftar Instansi PNS

Cara daftar CPNS Online 2021 untuk langkah selanjutnya yaitu kalian tinggal mendaftarkan diri kepada instansi yang menyediakan lowongan formasi CPNS. Tetapi sebelum melakukan hal itu kalian harus terlebih dahulu masuk ke halaman website untuk login ke situs SSCN sesuai yang telah kami katakan di atas. Nah jika kalian telah melakukans login selesai, maka untuk langkah selanjutnya kalian tinggal menyimak caranya dibawah ini.

Advertisement

  1. Untuk langkah awal yang harus kalian lakukan adalah mengupload foto diri atau selfie sambil memegangi KTP dan Kartu informasi akun SSCN
  2. Berikutnya kalian wajib mengisi beberapa informasi pada form biodata yang mana data mengenai keterangan alamat domisili, nomor telepon, tinggi badan, status perkawinan, nomor handphone, dan agama
  3. Setelah semua data yang wajib kalian isi sudah sesuai, selanjutnya kalian harus memilih salah satu instansi, formasi, dan jabatan yang sesuai dengan jenjang pendidikan. Selain itu, terdapat pula kolom yang harus kalian isi seperti riwayat pendidikan, nomor ijazah, nilai IPK, serta nama dan alamat pendidikan yang pernah kalian tempuh beserta akreditasinya.
  4. Untuk selanjutnya silahkan kalian upload dokumen tersebut yang sudah discaning sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh pihak instansi bagi pembuka lowongan CPNS. Untuk ukuran dokumen sendiri yang kalian upload dimana harus sesuai dengan persyaratan situs SSCN. Dokumen untuk KTP maksimal berukuran 200 kb format wajib (JPEG/JPG), Surat Lamaran maksimal berukuran 300 kb format wajib (JPEG/JPG), Ijazah berukuran 700 kb format wajib (PDF), Transkrip Nilai berukuran maksimal 500 kb format wajib (PDF), dan dokumen penunjang lainnya maksimal 700 kb format wajib (PDF).
  5. Pastikan juga kalian telah melampirkan Pas Foto kalian untuk background wajib warna merah dengan ukuran maksimal 200 kb format JPEG/JPG.
  6. Pada tahapan selanjutnya cukup tinggal melakukan cek ulang pada form Resume yang ingin kalian ajukan. Pastikan juga bahwa semua data yang terupload sudah sesuai dengan benar. Begitu pun dengan dokumen yang ingin kalian lampirkan. Karena dokumen yang kalian di upload tidak bisa di upload ulang. Oleh karena itu kalian wajib untuk teliti dan cermat ketika mengunggah dokumen yang dilampirkan.
  7. Setelah seluruh data yang diupload sudah sesuai dan benar, maka untuk langkah berikutnya kalian tinggal mencetak “Kartu Pendaftaran SSCN”. dan untuk kartu tersebut bisa kalian gunakan untuk mengikuti tes CAT (Computer Assisted Tes) jika dinyatakan telah lolos seleksi adminstrasi.
  8. Hingga disini, bisa dikatakan untuk tahapan pendaftaran CPNS 2021 sudah selesai. Untuk langkah berikutnya kalian cukup tinggal menunggu hasil tes seleksi adminstrasi CPNS 2021 dimana dilakukan oleh tim profesional SSCN dengan mempertimbangkan berbagai data yang kalian upload ketika mendaftar seperti di atas.

5. Verifikasi Pendaftaran

Verifikasi Pendaftaran PNS

Proses dilakukannta verifikasi pendaftaran akan sangat menentukan apakah kalian dinyatakan lulus tahapan tes seleksi adminstrasi pendaftaran CPNS 2020 ataupun tidak. Supaya kalian bisa lulus seleksi, maka harus mengisi seluruh data dan juga berkas administrasi yang dibutuhkan dengan benar dan sesuai dengan persayaratan yang telah ditentukan oleh masing-masing instansi pembuka lowongan CPNS. Namun terkadang instansi juga menyaratkan bagi pelamar untuk mengirimkan berkas fisik (hard copy) ke alamat yang telah tercantum pada alamat website SSCN, jadi kalian juga harus memenuhi persyaratan tersebut.

6. Melihat Hasil Seleksi

Melihat Hasil Seleksi CPNS

Dan jika ingin melihat hasil seleksi administrasi adapun caranya yaitu dengan klik menu “Riwayat”, kemudian silahkan klik kolom “Kartu Peserta”, kemudian tap “Kartu Ujian”. Apabila kalian dinyatakan lulus, maka akan terdapat status berupa kelulusan dan kalian akan mendapatkan Kartu Ujian yang mana nantinya bisa digunakan untuk mengikuti ke tahapan seleksi CPNS berikutnya, yaitu tes CAT CPNS.

Baca juga:

Jadi begitulah cara daftar CPNS Online 2021 tahun ini bagaimana sangat mudah bukan?. Sering kali hal yang paling sulit ketika mengikuti selekesi CPNS adalah melewati tahapan tes CAT dan juga beragam tes akademik yang prosesnya bisa dikatakan cukup menyita banyak waktu, tenaga, dan pikiran.

Admin sendiri berharap setiap orang yang ikut cara daftar CPNS Online tahun ini pada langkah di atas semoga berhasil ketika mengikuti berbagai tahapan seleksi dengan lancar, jadi bisa ditetapkan sebagai Pegawai Negeri Sipil Jadi itu saja informasi yang bisa admin cararegistrasi.com berikan kali ini, semoga artike ini bermanfaat dan bisa sebagai referensi kalian.

You May Also Like