Cara Daftar Grab Bike dan Persyaratan Terbaru 2021

Cara Daftar Grab Bike dan Persyaratan Terbaru 2021

by Sponsor Article - 5/18/21, 7:39 AM

Cara Daftar Grab Bike - Grabbike adalah salah satu layanan ojek online yang ada di Indonesia, Grab bike memberikan anda berupa layanan transportasi yang dapat diakses melalui online, Karena semakin banyaknya pengguna aplikasi Grab peluang masyarat untuk mendaftar menjadi pengemudi online menjadi terbuka lebar. Memiliki profesi sebagai driver online meningkatkan pendapatan sebagai penghasilan tambahan dengan Cara Daftar Grab Bike.

Dengan mendaftarkan diri anda sebagai mitra Grab Bike akan secara otomatis anda bisa memiliki profesi sebagai pelayan Grab Food dan Grab Express untuk mengantarkan pesanan pelanggan. Untuk bisa mendaftar sebagai mitra Grab Bike anda harus tahu cara daftar Grab Bike online terlebih dahulu.

Adapun pendaftaran secara online dirasa jauh lebih efektif sehingga kita tidak perlu mengantri lama-lama ke kantor Grab karena setiap hari dikantor tersebut selalu penuh. Sebelum anda melakukan pendaftaran sebaiknya anda memenuhi syarat-syarat yang harus anda siapkan seperti data diri dan sebagainya agar anda cepat diterima.

Jika anda berminat menjadi mitra informasi tentang cara daftar Grab Bike di bawah ini akan sangat membantu anda untuk bergabung menjadi mitra Grab Bike supaya cepat diproses dan segera diterima.

Syarat dan Ketentuan Daftar Grab Bike

Cara Daftar Grab Bike sebelum bergabung sebagai mitra Grab Bike tentu anda mengetahui syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi sebagai calon mitra Grab Bike yang mana diantaranya:

  1. Merupakan Warga Negera Indonesia minimal berumur 21 tahun dan maksimal 55 tahun
  2. Memiliki Kartu Tanda Penduduk Asli
  3. Foto Setengah badan
  4. Memilki SIM C asli
  5. Kartu Keluarga (KK)
  6. Surat Keterangan Catatan Kepolisian
  7. Foto Diri Memegang KTP
  8. Memiliki STNK sepeda motor asli dan pajak yang belum kadaluarssa
  9. Smartphone dengan RAM 1 GB untuk menginstall aplikasi Grab Driver
  10. Memiliki Rekening Bank, jika belum punya bisa membuka rekening baru melalui pihak Grab
  11. Akun email aktif

Kriteria Kendaraan Grab Bike

Berdasarkan ketentuan sejak tanggal 4 Januarari 2018 dari pihak grab batas dari usia kendaraan yang dapat digunakan telah diatur berdasarkan keputusan yang disepakati salah satu faktor keselamatan dan kenyamanan adalah tujuan utama.

Hal ini berlaku bagi calon driver yang ingin mendaftar dan disesuaikan berdasarkan domisili calon driver Grab, adapun kriteria kendaraan yang digunakan untuk mendaftar:

  1. Untuk wilayah kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Bali, Yogyakarta, Makassar, Palembang kendaran yang didaftarkan tahun produksi minimal ditahun 2009
  2. Untuk wilayah 9 kota yang disebutkan kendaraan tahun produksi yang didaftarkan minimal tahun 2011
  3. Kendaraan yang digunakan harus dalam kondisi baik, yang dimaksud adalah layak jalan dan nyaman saat dinaiki oleh penumpang, dan pengantaran Grab Food dan Grab Express
  4. Tidak diperkenankan menggunakan motor balap atau motor tracking (motor cross, dsb)

Kriteria Pengendara Grab Bike

Selain kendaraan sebagai calon driver juga wajib memenuhi kriteria agar dapat diterima sebagai Grab Bike, apa saja kriteria yang harus anda siapkan:

  1. Calon driver harus dalam kondisi sehat jasmani dan rohani
  2. Memiliki kemampuan membaca dan menulis
  3. Menggunakan nomor Handphone yang aktif
  4. Menyiapkan alamat email (Gmail) digunakan untuk login ke akun Grab Driver
  5. Umur diatas 50 tahun wajib menyertakan Surat Keterangan Sehat
  6. Siapkan uang top up awal Rp150.000,- digunakan untuk mencicil HP, Jika sudah punya HP yang sesuai cukup menyiapkan Rp100.000 uang digunakan untuk pengisian saldo dan potongan berupa helm dan jaket Grab
  7. Angsuran atribut dicicil sebesar Rp2.500,- per hari selama 3 bulan atau dapat dibayar kontan sebesar Rp280.000,- tanpa ada pemotongan saldo

 

Cara Daftar Grab Bike

Cara Daftar Grab Bike

Setelah anda memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku selanjutnya anda sudah siap untuk mendaftar, persiapkan diri anda sebagai driver dan ikuti cara daftar Grabbike untuk menjadi calon mitra Grab Bike, anda dapat melakukan dengan dua cara yaitu bisa datang langsung ke kantor cabang ataupun bisa mengikuti petunjuk Cara Daftar Grab Bike dengan melalui online.

Mendaftar Grab Bike Online

Jam kerja yang sangat fleksibel dan potensi untuk mendapatkan penghasilan tambahan menjadi alasan calon driver untuk bergabung menjadi mitra Grab. Terlebih lagi Grab menyediakan banyak sekali layanan yang saat ini dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia.

Nah bagi anda yang ingin bergabung menjadi mitra Grab Bike bisa mengikuti cara daftar grab bike online dibawah ini, pastikan anda sudah memenuhi syarat dan ketentuan yang telah kami jelaskan di atas:

  1. Silahkan anda masuk ke halaman resmi disitus https://www.grab.com/id/driver/transport/bike/
  2. Setelah anda masuk pada halam resmi akan anda formulir pendaftaran yang mana disitu anda wajib mengisinya :
    • Nama Depan
    • Nama Belakang
    • Nomor Handphone
    • Kota
    • Darimana kamu tahu mengenai kami?
    • Kode Referensi (opsional)
    • Centang Saya menyetujui syarat & ketentuan yang berlaku
    • Centang Saya sudah membaca, memahami, dan setuju dengan Kebijakan Privasi Grab
  3. Setelah mengisi formulir dengan baik dan benar silahkan klik Daftar Sekarang
  4. Setelah proses pengajuan pihak Grab akan menghubungi anda melalui SMS dengan memberikan link yang nanti digunakan untuk proses pendaftaran selanjutnya
  5. Silahkan anda klik link tersebut dan anda akan akan menuju halaman Grab yang mana anda diminta untuk melengkapi persyaratan file seperti yang telah kami sebutkan di atas
  6. Silahkan anda unggah semua file yang diminta
  7. Permohonan anda akan diproses oleh pihak Grab selama 2x24 jam untuk diverifikasi
  8. Jika permohonan anda telah disetujui anda akan menerima SMS lagi dan anda diberikan link untuk melakukan Online Training ke Grab Academy yang didalamnya disertai User ID dan Password digunakan untuk login
  9. Setelah proses training selesai anda akan diminta untuk datang langsung ke Kantor Cabang terdekat sekaligus membawa dokumen-dokumen yang diminta oleh pihak Grab
  10. Disana anda akan mengikuti test safety riding dan test lainnya.
  11. Jika dinyatakan lolos dan diterima anda jangan kaget jika diminta untuk membayar Top Up awal yaitu sebesar Rp100.000,- sudah kami jelaskan di atas
  12. Dan anda kini telah dinyatakan sah menjadi mitra Grab Bike, dan siap untuk menjalan aktivitas sebagai driver Grab

Demikian cara daftar Grab Bike secara online, bagaimana mudah bukan. Tetapi jika menurut anda masih kesulitan dan lebih memilih untuk datang langsung ke kantor cabang Grab, anda bisa mengikuti proses dibawah ini.

Mendaftar Grab Bike Ke Kantor Cabang

Bagi anda yang berencan untuk mendaftar Grab ke kantor cabang secara langsung silahkan anda siapkan dokumen dibawah ini untuk dibawa dan diserahkan ke pihak kantor:

  1. e-KTP asli dan fotocopy
  2. Jika e-KTP tidak sesuai domisili silahkan membawa surat keterangan sesuai domisili
  3. Kartu Keluarga (KK) asli dan fotocopy
  4. Surat Keterangan Sehat dari dokter
  5. STNK asli seuai dengan plat kendaraan dan fotocopy
  6. SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolian) yang masih berlaku
  7. Sim C asli dan fotocopy
  8. Fotocopy Buku Tabungan

Tes Driver Grab Bike

Tes untuk menjadi mitra GrabBike dibagi menjadi 2, yaitu Tes Teori dan Tes Safety Riding, berikut ini penjelasannya:

Tes Teori

Tes teori ini digunakan untuk menguji pengetahuan tentang teori cara mengemudi di jalan raya yang baik dan benar, jika anda mempelajari training online maka anda akan mudah menjawab pertanyaan dan bisa lulus, pertanyaan tersebut sekitar ada 10 pertanyaan, anda tidak perlu grogi karena pertanyaanya mudah.

Tes Safety Riding

Tes safety riding ini melipun tes untuk melakukan pembuatan SIM C hal ini bertujuan agar mitra Grab Bike yang mendaftar ke Grab memahami aturan berlalu lintas dan berkendara yang baik dan bertanggung jawab, selain itu tes yang dilakukan adalah membonceng penumpang agar nyaman saat berkendara, pada tes ini lebih dibimbing oleh pihak Grab ketimbang melakukan tes.

Demikian informasi di atas tentang cara daftar Grab Bike, dan peryaratan yang harus anda lengkapi sebelum mendaftar sebagai calon mitra GrabBike, pastikan anda mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya untuk mengurangi resiko kegagalan saat mencoba untuk mendaftar, jika kalian mengalami masalah bisa langsung menghubungi halaman resmi grab.