Cara Masuk Bios Di Laptop dan PC Untuk Semua Merk

Cara Masuk Bios Di Laptop dan PC Untuk Semua Merk

by Sponsor Article - 5/19/21, 8:25 AM

Cara Masuk Bios - Ketika kalian ingin melakukan install windows di laptop atau PC menggunakan flashdisk pastik kalian harus masuk terlebih dahulu ke boot menu untuk melakukan konfigurasi dimana letak bootable flashdisk berada. Adapun cara masuk bios atau boot menu pada setiap merk tombol yang dipakai berbeda-beda. Misalnya untuk merk laptop Asus dan Acer untuk masuk ke bios tombol fungsi yang digunakan pada keyboard berbeda, belum lagi merk lainnya seperti Toshiba, Samsung, Lenovo, HP, Fujitsu dan tipe merk lainnya.

Secara garis besar menu boot bios hampirlah mirip pada setiap merk laptop, dan tombol yang digunakan untuk masuk ke bios biasanya pada keyboard menekan tombol F2 atau Del ketika proses masuk biasanya akan terdengar suara Bip, dan pemasok BIOS akan ditampilkan lalu muncul OEM (Original Equipment Manufactur) silahkan kalian tekan tombol ESC untuk mendapatkan informasi boot up.

Saat kalian ingin melakukan intall windows baik itu windows XP, 7, 8 dan 10 kalian harus mengatur agar bootable dapat berjalan, untuk memindahkan bootable flashdisk kalian bisa menggunakan F5 atau F^ untuk menggeser atas bawah. Sebelum kalian tahu bagaimana mengetahui cara masuk BIOS Laptop semua merk laptop atau PC.

Apa Itu Bios?

Bios adalah perangkat lunak kecil yang terpasang pada setiap komputer atau laptop oleh perusahaan pabrikan yang mana digunakan untuk Utilitas pada perangkat hardware. Bios memiliki kepanjangan Basic Input Output System yang berguna untuk mengecek kondisi pada komponen komputer atau laptop berjalan sesuai dengan fungsinya misalnya seperti Motherboard, driver, keyboard, hard drive, heatsink dan lain sebagainya jika terdapat error atau kesalahan pada komponen kalian bisa mengetahuinya melalui Bios ini.

Apabila BIOS tidak menemukan kendala pada sistem maka sistem operasi dapat berjalan pada perangkat komputer atau laptop kalian, setiap perusahaan pabrikan laptop atau komputer akan memasang BIOS dan kalian tidak bisa menjalankannya ketika sistem operasi Windows berjalan, jadi Bios hanya dapat diakses sebelum kalian mengakses sistem operasi.

Fungsi Mengakses Bios?

Di atas sudah sedikit saya gambarkan fungsi dari pada BIOS meskipun untuk mengetahui BIOS bukan menjadi topik utama tetapi ada baiknya kalian mengenal sedikit fungsi dari BIOS agar ketika terjadi masalah dapat mengenali dengan baik dan dapat menyelesaikan masalah tersebut.

Jadi BIOS ini bukan bagian dari pada Sistem Operasi melainkan Perangkat hardware itu sendiri dan ketika kalian ingin mengubah pengaturan pada perangkat bisa gunakan BIOS misalnya kalian melakukan upgrade HDD ke SSD atau upgrade RAM dan lain sebagainya.

Selain itu kalian juga dapat mengatur fungsi tombol daya pada BIOS misalnya menonaktifkan logo pada pada komputer, mengaktifkan dan menonaktifkan Tes Daya Hidup Sendiri, Cachin Bios, Cache Internal CPU, dan memeriksa suhu CPU dan Sistem, Kecepatan Kipas, dan masih banyak lagi lainnya.

Cara Masuk Bios di Laptop atau PC

Terdapat dua cara yang umum untuk masuk ke menu BIOS baik itu di Laptop atau Komputer yaitu melalui tombol Shortcut di keyboard dan tanpa keyboard, berikut ini penjelasan cara masuk bios:

Masuk Bios Dengan Tanpa Tombol Keyboard

masuk bios tanpa tombol keyboard

Jika kalian ingin masuk BIOS tanpa keyboard kalian bisa masuk terlebih dahulu ke UEFI Firmware Settings, kalian bisa masung pada firmaware apabila telah memasasang OS Windows di PC atau Laptop kalian.

  1. Pertama masuk pada menu Settings di PC/Laptop kalian
  2. Lalu pilih Update & Security
  3. Kemudian pilih Recovery
  4. Pilih Advanced Startup
  5. Klik tombol Restart
  6. Lalu pilih menu Troubleshoot
  7. Berikutnya klik Advanced Options
  8. Pilih UEFI Firmware Settings
  9. dan klik Restart
  10. Dan Laptop atau PC kalian masuk ke BIOS laptop / PC kalian

Nah bagaimana mudah bukan cara masuk ke BIOS laptop atau PC kalian, dan jika kalian belum menginstall Windows kalian bisa gunakan langkah yang ke dua ini yaitu cara masuk bios dengan keyboard.

Masuk BIOS Dengan Tombol Keyboard

tombol masuk ke bios di Laptop

Untuk masuk ke BIOS dengan tombol pada keyboard kalian harus menekan sebelum masuk pada Windows jadi saat menekan tombol power pastikan kalian segera menekan tombol keyboard, berikut ini penjelasan caranya:

  1. Nyalakan komputer atau PC kalian yaitu tekan tombol Power
  2. Lalu tekan tombol fungsi keyboard sebelum masuk ke Windows
  3. Secara otomatis kalian masuk pada boot menu

Berikut ini menu fungsi keyboard yang digunakan untuk masuk ke BIOS, setiap merk berbeda dengan yang lainnya, oleh karena itu kami bagikan tabel tombol masuk ke BIOS berdasarkan merk Laptop.

Masuk BIOS Sesuai Instruksi OEM

Pada saat pertama kali masuk ke layar BIOS kalian akan mendapati instruksi yaitu Press F1 to Continue, DEL to enter SETUP pada layar.

cara masuk BIOS laptop

Produk lain seperti ACER seperti ACER One menggunakan tombol F2 atau tombol DEL

Masuk ke BIOS dengan tombol DEL

Setelah kalian masuk ke BIOS kalian akan mendapati Boot Menu seperti di bawah ini.

Tampilan boot menu

Tampilan boot menu pada PC seperti ini.

Boot menu di PC

Tombol Masuk BIOS Sesuai Merk Laptop atau PC

Berikut ini daftar table lengkap untuk tombol keyboard untuk cara masuk BIOS.

Laptop Tombol Keyboard BIOS

Laptop

Tombol Keyboard BIOS

Lenovo

F2 atau Fn+F2

HP

ESC, F10, atau F1

Acer

F1, F2, atau CTRL+ALT+ESC

Samsung

F2 atau F10

Toshiba

F2, ESC, atau F1

MSI

Del

Dell

F2, Del, F12, F1, F3, atau Fn+F1

Sony

F1, F2, atau F3

Asus

F2

Fujitsu

F2

Bios Supplier Tombol keyboard yang digunakan
ALR Advanced Logic Research, Inc. ® PC / PCI F2
ALR PC non / PCI CTRL+ALT+ESC
AMD® (Advanced Micro Devices, Inc.) BIOS F1
AMI (American Megatrends, Inc.) BIOS DEL
Award™ BIOS CTRL+ALT+ESC
Award BIOS DEL
DTK® (Datatech Enterprises Co.) BIOS ESC
Phoenix™ BIOS CTRL+ALT+ESC
Phoenix BIOS CTRL+ALT+S
Phoenix BIOS CTRL+ALT+INS
Produsen komputer Tombol keyboard yang digunakan
Acer® F1, F2, CTRL+ALT+ESC
ARI® CTRL+ALT+ESC, CTRL+ALT+DEL
AST® CTRL+ALT+ESC, CTRL+ALT+DEL
Compaq® 8700 F10
CompUSA® DEL
Cybermax® ESC
Dell 400 F3, F1
Dell 4400 F12
Dell Dimension® F2, DEL
Dell Inspiron® F2
Dell Latitude Fn+F1
Dell Latitude F2
Dell Optiplex DEL
Dell Optiplex F2
Dell Precision™ F2
eMachine® DEL, F2
Gateway® 2000 1440 F1
Gateway 2000 Solo™ F2
HP® (Hewlett-Packard) F1, F2 (Laptop, ESC)
IBM® F1
E-pro Laptop F2
IBM PS/2® CTRL+ALT+INS setelah CTRL+ALT+DEL
Intel® Tangent DEL
Micron® F1, F2, atau DEL
Packard Bell® F1, F2, Del
Seanix DEL
Sony® VAIO F2
Sony VAIO F3
Tiger DEL
Toshiba® 335 CDS ESC
Toshiba Protege ESC
Toshiba Satellite 205 CDS F1
Toshiba Tecra ESC lalu F1 atau F2

 

Kesimpulan

Ada dua cara yang dapat digunakan untuk cara masuk BIOS yaitu yang pertama kalian bisa gunakan Firmware setelah melakukan install windows tetapi jika belum kalian gunakan tombol Fungsi pada keyboard yang mana setelah menekan tombol Power untuk menyalakan komputer kalian harus segera menekan tombol fungsi, setiap tombol fungsi ke boot menu berbeda-beda untuk jenis merk. Untuk tabel fungsi ke boot menu kami telah sediakan dalam bentuk tabel berdasarkan produsen BIOS dan Merk Pabrikan Laptop atau PC.

Demikianlah penjelasan cara masuk BIOS di PC atau Laptop untuk semua merk yang bisa kami berikan kepada anda, kalian harus berhati-hati ketika menggunakan boot menu karena jika kalian salah atau menonaktifkan perangkat kalian akan kesulitan dalam memperbaikinya. Terkait penjelasan di atas jika terdapat pertanyaan silahkan ketik pada kolom komentar.