Cara Melacak HP Hilang Dengan IMEI

Cara Melacak HP Hilang Dengan IMEI

by Sponsor Article - 5/17/21, 3:22 PM

Cara Melacak HP Hilang Dengan IMEI - Merasa kehilangan HP tentu tidak dinginkan bagi siapapun, apalagi jika di HP tersebut banyak menyimpan nomor kontak penting, tersimpan foto dan video pribadi dan belum sempat dibackup. Berbagai upaya telah dilakukan seperti membuat surat kehilangan dikantor polisi atau mendatangi gerai gerai operator seluler.

Untuk menemukan HP yang hilang selain dengan cara melacak no hp bisa juga dengan nomor IMEI yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini. Setiap ponsel memiliki nomor identitas yang berbeda-beda baik itu untuk merk Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, bahkan iPhone sekalipun tidak akan pernah sama satu dengan yang lainnya.

Dengan memanfaatkan kode IMEI ini kita akan mencari hp kalian yang mungkin disebabkan karena jatuh tidak sengaja atau dicuri saat ditempat keramaian. Sebelum melangkah lebih jauh cara melacak HP hilang dengan IMEI ada baiknya kita mengetahi apa itu sih sebenarnya kode IMEI? Apa sih kepanjangan IMEI? untuk menjawab pertanyaan tersebut mari kita bahas berikut ini.

Apa Itu IMEI?

Melacak HP Hilang Dengan IMEI

IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah kode unik pada setiap perangkat seluler dimana ini merupakan identitas sebuah ponsel yang berlaku secara internasional.

Nomor atau Kode IMEI pada perangkat satu dengan yang lainnya berbeda-beda termasuk berbeda juga setiap merk HP, kode IMEI ini terdiri dari 14 sampai 16 digit yang memiliki fungsi sebagai identitas dan keamanan pemilik ponsel.

Saat ponsel kalian dicuri atau hilang pemilik dapat melaporkan kode IMEI ke operator seluler ataupun kepada pihak berwenang untuk melakukan pemblokiran terhadap perangkat elektronik tersebut sehingga pencuri tidak bisa membuka atau mengakses ponsel ketika dalam keadaan hidup.

Cara Mendapatkan Kode IMEI?

Untuk mendapatkan kode IMEI atau mengecek nomor IMEI setiap vendor menempelkan stiker berisikan kode IMEI dibagian belakang ponsel sesuai dengan sistem di android.

Oleh karena itu jika kalian menemukan kode IMEI dibelakang ponsel silahkan langsung kalian cabut dan pindahkan ke kardus box ponsel yang kalian beli saat di gerai ponsel, atau jika tidak kalian bisa tuliskan nomor IMEI tersebut ditempat tertentu yang mudah kalian ingat pada selembar kertas.

Mendapatkan nomor IMEI juga bisa kalian lihat pada perangkat ponsel di menu Pengaturan atau Settings, lalu silahkan kalian pilih General atau About, dan disitu kalian akan mendapatkan berbagai informasi seputar ponsel termasuk kode IMEI.

Cara Melacak HP Hilang Dengan IMEI

Seperti yang telah kami jelaskan di atas bahwa disetiap ponsel dilengkapi dengan nomor IMEI masing-masing, ketika HP kalian hilang nomor IMEI dapat membantu pihak vendor untuk melacak keberadaan ponsel kalian.

Lalu bagaimana cara melacak hp hilang dengan IMEI berikut ini penjelasannya:

1. Buat Surat Keterangan Hilang

Buat Surat Keterangan Hilang

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah membuat surat kehilangan dikantor kepolisian atau pihak berwajib untuk merujuk surat pelacakan di gerai provider.

2. Menghubungi Call Center

Menghubungi Call Center

Langkah selanjutnya silahkan kalian hubungi Call Center provider yang kalian gunakan, baik itu Telkomsel, Indosat, XL, Axis, 3 dan seterusnya untuk menanyakan lokasi gerai terdekat yang bisa kalian datangi.

3. Datang Ke Gerai Provider

Datang Ke Gerai Provider

Setelah mendapatkan informasi dimana gerai provider kalian dapati, sekarang silahkan kalian datang menuju lokasi gerai terdekat.

4. Berikan Kode IMEI Kepada Pihak Operator

Berikan Kode IMEI Kepada Pihak Operator

Sesampainya disana kalian sampaikan keperluan kalian yaitu untuk ponsel kalian hilang dan berikan informasi yang dibutuhkan oleh pihak operator seperti nomor ponsel yang digunakan sebelumnya, dan kode IMEI yang ada pada ponsel yang hilang.

Tunggulah beberasa saat dimana pihak operator akan melacak keberadaan lokasi HP tersebut berada sesuai data yang kalian berikan. Jika HP kalian dalam kondisi hidup pihak operator akan mendapatkan lokasi dengan cepat, namun jika HP kalian dalam keadaan mati biasanya akan memakan waktu yang lama untuk memprosesnya.

5. Datangi Lokasi HP Berada

Datangi Lokasi HP Berada

Setelah mendapatkan informasi lokasi HP sesuai dengan informasi yang didapatkan oleh pihak operator selanjutnya kalian tinggal menuju lokasi keberadaan HP kalian berada.

Kesimpulan

Untuk cara melacak HP hilang dengan IMEI tentu akan memerlukan proses yang cukup lama karena melalui tahapan berbelit-belit yaitu membutuhkan kerjasama banyak pihak, karena pada dasarnya kode database IMEI hanya dapat diakses oleh pihak-pihak yang memiliki otoritas terhadapnya, oleh karena itu mengapa polisi dapat menemukan pelaku tindak kejahatan dengan cepat salah satunya dengan cara ini. Meskipun cara ini tidak praktis tetapi bisa dipastikan lokasi HP kalian beneran akan ditemukan oleh pihak provider.

Demikianlah penjelasan mengenai cara melacak HP hilang dengan IMEI yang dapat kami sampaikan semoga artikel ini dapat membantu kalian yang sekarang ini sedang kehilangan HP yang kalian punya, Semoga cepat ketemu jika tidak kami doakan Alloh ganti dengan yang lebih baik lagi.