Cara Mematikan Windows Defender Permanen dan Sementara≈

Cara Mematikan Windows Defender Permanen dan Sementara≈

by Sponsor Article - 5/19/21, 8:25 AM

Cara Mematikan Windows Defender - Windows menyediakan anti virus bawaan pada sistem operasinya, sebenarnya kalian tidak perlu melakukan install software anti virus tambahan seperti Avast, AVG dan sebagainya. Namun kekurangan windows defender yaitu file sistem pada sebuah software dianggap sebagai virus, oleh karena itu kita harus melakukan beberapa settingan atau bisa menggunakan cara mematikan windows defender pada Windows 7, 8 da 10 ini.

Walaupun bukan merupakan file berbahaya seringkali Windows Defender menganggap sebuah file merupakan file berbahaya sehingga kita tidak dapat melanjutkan proses penginstallan software. Microsoft sendiri secara serius menggarap anti virus bawaan tersebut secara ampuh demi mengamankan para konsumen mereka. Penjelasan secara detail bisa kalian dapatkan disini.

Saat ingin menginstal sebuah software tentu saja kita harus menonaktifkan windows defender jika ternyata file pada software dianggap virus, adapun cara mematikan windows defender bisa dilakukan dengan beberapa cara yaitu bisa melalui control panel, atau melalui Group Policy Editor yang bisa kalian temukan pada registry editor yang bisa kalian akses melalui cmd dengan mengetik regedit.exe baik itu di Windows 7, 8 dan 10.

Apa Itu Windows Defender?

Windows defender adalah antivirus yang dirancang secara khusus oleh Microsoft yang bertujuan untuk menjaga para konsumen untuk terhindar dari virus, spyware, rootkit, dan kode jahat yang berupaya menyerang. Disemua versi windows telah tersedia Windows Defender sehingga kalian tidak perlu melakukan install software anti virus.

Windows Defender berjalan secara otomatis setelah kalian menyalakan PC kalian dan apabila kalian ingin menginstal sebuah software pada perangkat PC ternyata Windows Defender menyatakan bahwa terdapat file berbahaya kalian harus menonaktifkannya agar file tersebut dapat kembali dan kalian bisa melakukan proses install.

Cara Mematikan Windows Defender di Windows 7

Untuk tutorial menontaktifkan windows defender ini kita akan mematikannya di windows 7 berikut penjelasannya.

  1. Klik tombol Start Menu
  2. Lalu pilih menu Control Panel

windows defender windows 7

  1. Lalu pada Search ketik Windows Defender

mematikan windows defender windows 7

  1. Lalu klik Windows Defender
  2. Kemudian muncul halaman Windows Defender

menonaktifkan windows defender di windows 7

  1. Pilih Menu Tools
  2. Pilih Options
  3. Kemudian pilih Real-time protection

menonaktifkan windows defender

  1. Lalu unchecklist Use real-time protection (recommended)
  2. Selanjutnya pilih Save untuk menyimpan pengaturan

Penting: Jika kalian telah selesai menginstall software pada Windows 7 dan ingin kembali mengaktifkan windows defender ikuti langkah di atas yang membedakan adalah langkah pada nomor 9 yaitu kalian checklist ulang Use real-time protection (recommended).

Cara Menonaktifkan Windows Defender di Windows 10

Berikutnya adalah kita akan menonaktifkan windows defender di windows 10 baik itu secara pribadi atau permanen yaitu dengan cara:

  1. Buka Start Menu
  2. Lalu cari Windows Security
  3. Kemudian pilih Menu Virus & ThreatProtection

mematikan windows defender di windows 10

  1. Berikutnya pilih Manage Settings
  2. Selanjutnya nonaktifkan Windows defender dengan klik Real-Time Protection

Menonaktifkan windows defender di windows 10

Sama seperti pada penjelasan di atas apabila kalian ingin mengaktifkan kembali ikuti langkah di atas. Meskipun menonaktifkan anti virus ini bukan cara permanen akan tetapi setidaknya ketika kalian ingin menginstall software dapat terlaksana.

Menonaktifkan Windows Defender Lewat Group Policy

menonaktifkan windows defender di registry

  1. Klik Start menu
  2. Ketik regedit
  3. Lalu pilih Local Group Policy
  4. Berikutnya pilih Computer Configuration
  5. pilih Administrative Templates 
  6. Pilih Windows Components
  7. Pilih Windows Defender Antivirus
  8. Klik dua kali pada Turn off Windows Defender Antivirus
  9. Pilih Enable untuk mematikannya
  10. Klik Apply
  11. Lalu Ok, dan Restart

mematikan windows defender di registry

Kesimpulan

Biasanya saat kalian ingin menginstall sebuah program ke windows 7, 8 atau 10 di PC kalian, tiba-tiba muncul sebuah notifikasi bahwa program tersebut berbahaya, padahal tidak demikan, sehingga windows defender melakukan tugas untuk melakukan karantina file. Kalian dapat mengatasi hal tersebut yaitu dengan cara menonaktifkan windows defender secara sementara, lalu carilah file tersebut pada folder karantina. Jika sudah silahkan install kembali program tersebut dan sekarang program sudah dapat terpasang dan kalian tidak menemukan notifikasi file yang yang dianggap virus.

Jadi demikianlah penjelasan mengenai cara mematikan windows defender baik untuk sementara atau permanen yang dapat kalian lakukan agar proses instalasi pada software yang dianggap virus sehingga bisa diinstall kembali dan terpasang di windows 7 atau 10 kalian.