Cek IMEI Iphone Asli atau Palsu Lebih Mudah

Advertisement

Bagaimanakah cara cek imei iphone asli atau palsu yang kita miliki? Bisakah kita melaksanakan cek imei iphone resmi online? Pembahasan selanjutnya ini akan membahas seputar produk ponsel pintar golongan atas yang kerap diketahui dengan label iPhone.

Pernahkah kita terpikir buat menentukan iPhone sebagai ponsel pintar andalan? Sebagai Halnya diketahui iPhone kerap kali dihubungkan dengan produk kategori menengah atas yang sedang langka dipunyai oleh orang lain.

iPhone jadi salah satu peranti populer di publik. Ponsel Pintar ini pula diketahui andal buat menunjang kesibukan konsumen. Tidak jarang kalau replika dari ponsel pintar ini banyak dipabrikasi akibatnya serupa dengan iPhone original. Untuk itu, selanjutnya saya merangkum cara cek IMEI iPhone asli atau palsu.

Siapa yang tidak mau mempunyai iPhone? Ponsel Pintar menengah ke atas ini memang begitu digemari oleh banyak orang. Lantaran banyaknya kemauan buat mempunyai iPhone, sehingga banyak orang yang membuat replika handset yang serupa dengan iPhone.

Sekilas bentuk iPhone replika pasti hampir serupa dengan yang aslinya. Akan Tetapi, Kalian konsisten dapat membedakan keduanya lewat bermacam macam metode yang pernah saya bahas di tulisan sebelumnya. Salah satu metode membedakannya itu adalah via IMEI iPhone Kalian.

Saat ini, memahami imei HP sebelum membeli harus dilakukan khususnya buat pemakai iPhone. Tujuannya supaya kita mengetahui barang yang dibeli asli maupun ilegal. Cara Cek IMEI iPhone sendiri terbilang gampang. Mau tahu caranya?

Namun buat pemakai baru, ataupun awam mengenai produk Apple memeriksa keaslian iPhone dapat dilakukan dengan dukungan cara cek imei iPhone. Sebelum membeli iPhone bekas ataupun baru kita dapat bertanya ke pedagang IMEI dari iPhone tersebut serta mengeceknya dengan cara online.

Apa Itu IMEI?

Apa Itu IMEI

Sebelum saya berikan informasi cara cek IMEI iPhone, saya sedikit berikan informasi terkait IMEI terlebih dahulu.

International Mobile Equipment Identity adalah kepanjangan dari IMEI. Nomor seri itu adalah suatu kode pembuatan handphone. Sederhananya, nomor seri itu ialah akta lahir dari suatu HP. Maka, antara HP dan juga HP lain, tidak mungkin IMEI-nya sama.

Dalam satu handphone, sekarang bisa saja terdapat 2 IMEI berselisih. Keadaan itu berlaku buat pemakai handphone dual sim card. Lantaran, buat tipe handphone itu, masing-masing slot sim card, mempunyai nomor seri yang berlainan.

Fungsi IMEI HP iPhone

Sudah paham belum apa saja fungsi IMEI di iPhone? Sebelum mengetahui peranannya, kita mesti mengerti jika IMEI sendiri memiliki tanda yang diketahui dengan Type Allocation Code (TAC) yang bisa memperlihatkan produsen serta model dari smartphone.

Umumnya, IMEI terdiri dari 14 sampai 16 digit nomor unik. Dimana nomor ini kemudiannya digunakan buat kebutuhan pembaruan perangkat ketika mendapati kerusakan. IMEI pun amat berperan bila sesuatu ketika iPhone hilang maupun dicuri. Untuk lebih memahami apa saja fungsi IMEI pada iPhone, ikuti penjelasan berikut.

Kegunaan IMEI iPhone:

  • Memahami Identitas iPhone : Buat memahami identitas iPhone dengan cara terperinci dapat diperiksa lewat situs imei.info memakai nomor IMEI iPhone.
  • Mengecek Jaminan iPhone : Buat mengetahui masa berlaku jaminan iPhone apakah telah habis ataukah masih berlaku.
  • Melacak iPhone yang Hilang : Buat mengetahui eksistensi handphone iPhone yang hilang terdapat dimana dengan lokasi yang akurat.

Dimana Letak IMEI iPhone?

Sebelum kita mengecek emai iPhone, kita harus memahami dimana saja posisi IMEI yang tercatat dengan cara fisik ataupun terdapat di dalam sistem iOS.

  • Dusbook bagian belakang

Pada bagian belakang dusbook iPhone, terdapat tertulis IMEI / MEID, dan juga serial number, kita dapat membandingkan IMEI yang tercatat di dus dengan yang terdapat di dalam sistem.

  • Simtray iPhone

IMEI pun terdapat tertulis di simtray iPhone yang terdapat dibagian ujung atas dari simtray tersebut.

  • Menu Phone / Telepon

Dengan mencatatkan kode dial *#06# pada aplikasi Phone / Telepon kita bisa memahami Informasi dari perangkat iPhone serta pula IMEInya

  • Aplikasi iTunes / pihak ketiga

Jikalau kalian mempunyai akses ke laptop dengan mengaitkan iPhone memakai kabel data, serta telah menginstall iTunes, kita dapat memeriksa emai dan informasi lainnya. Informasi ini akan lebih lengkap bila memakai software dari pihak ketiga semacam 3utools. Buat lebih detail mengenai 3utools dapat baca postingan ini.

  • Dari Pengaturan / Settings

Untuk melihat IMEI di sistem iOS kita dapat membuka aplikasi Pengaturan / Settings. Caranya bisa dicek dibawah ini.

Cara Cek IMEI iPhone Asli atau Palsu

Buat pemakai yang telah lama memakai produk Apple membedakan iPhone asli ataupun tidak amatlah mudah, dari fisiknya serta dari bentuk iOS saja amat gampang dibedakan iPhone itu asli ataupun tidak. Lantaran sistem operasi Apple iOS yang cuma dapat dipakai di iPhone asli serta akan sangat berlainan bila perangkat itu merupakan iPhone replika.

Cara Lihat IMEI iPhone di Sistem iOS

Cara Lihat IMEI iPhone di Sistem iOS
  1. Masuk Aplikasi Pengaturan
  2. Scroll ke bawah serta tap menu Umum / General
  3. Tap menu Tentang / About
  4. Scroll ke bawah akan terdapat penjelasan IMEI dan detail lainnya.

Cek IMEI Dibagian Body iPhone

Cek IMEI Dibagian Body iPhone

Kalian pun dapat melakukan pemeriksaan IMEI di bagian belakang fisik handphone. Implementasi ini dapat dijalani buat iPhone 5, 5c, 5s, 6, serta 6+. Cara ini akan lebih simpel dilakukan, lantaran Kalian tidak harus mengaktifkan handphone terlebih dulu. Kalian cuma harus membalik handphone serta memandang nomor pada casing-nya.

Cara Cek Melalui iTunes

iTunes tidak cuma berperan buat memasukkan musik ke iPhone Kalian. Perangkat Lunak resmi dari Apple ini pula bisa memeriksa IMEI di iPhone. Triknya juga cukup simpel, sambungkan saja iPhone ke komputer yang telah diinstal iTunes. Berikutnya, bila sukses terkoneksi, klik ‘Library’ pada iTunes, sehingga secara otomatis data dari iPhone akan diperlihatkan di layar, termasuk nomor IMEI iPhone itu.

Bila Kalian telah mengetahui nomor IMEI dari iPhone itu, kemudian Kalian dapat segera mencocokkannya dengan dusbook dari iPhone itu. iPhone yang asli akan ada nomor IMEI yang serupa di bagian fisik, dusbook, serta sistem.

Setelah menjalankan cara cek IMEI iPhone, Kalian pun bisa mencocokkannya lewat website http://www.imei.info. Selagi masuk di situs ini, Kalian cukup perlu mengetikkan nomor IMEI yang Kalian dapati dari iPhone Kalian itu.

Sesudah itu, website ini akan memberikan data komplit perihal ponsel pintar Kalian. Seandainya Kalian telah memasukkan IMEI yang tercantum di iPhone Kalian, namun data yang ditunjukkan merupakan data dari ponsel lain, lalu dapat diyakinkan bahwa iPhone Kalian itu adalah palsu.

Cara Cek IMEI iPhone Lewat Kode

Cara Cek IMEI iPhone Lewat Kode

Kalian pula dapat memanfaatkan kode dial buat mengecek IMEI iPhone. Triknya, masuk ke menu telepon serta masukkan kode *#06#. Kemudian tekan dial serta dengan cara otomatis perangkat akan memberitahukan detail nomor IMEI perangkat yang Kalian terapkan.

Cek Nomor IMEI iPhone di Dusbox

Cek Nomor IMEI iPhone di Dusbox

Sesungguhnya, terdapat cara efisien buat mengetahuinya, yakni lewat dus box-nya. Setiap kalian membeli iPhone, pada dus telah tercatat nomor seri IMEI. Ini berlaku pula buat pembelian iPhone bekas yang masih terdapat dusnya.

Nomor seri IMEI pada dus, terdapat di bagian belakang sisi bawah. Silahkan kalian periksa buat mengetahuinya.

Cara Cek Keaslian Nomor IMEI iPhone

Kalian pun mesti memeriksa keaslian nomor IMEI iPhone yang tercantum. Apakah nomor IMEI yang tertera itu asli atau palsu. Kalian dapat mengeceknya di Kemenperin. Untuk yang mau mengetahuinya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke situs cek email online, adalah https://imei.kemenperin.go.id/
  2. Silahkan masukkan nomor IMEI iPhone yang telah kalian ketahui lewat cara-cara di atas.
  3. Kemudian, silahkan kalian klik Check.
  4. Jika iPhone milikmu asli, sehingga akan terlihat seluruh informasi perangkat secara lengkap.
  5. Informasinya mencakup kapasitas memory, OS, model, serta masih banyak lainnya.

Tips Beli HP iPhone Asli

Lantaran IMEI iPhone amat berhubungan baik dengan produk yang asli ataupun palsu, sehingga saya pun akan membagikan sebagian tips buat memperoleh iPhone yang asli. Kondisi ini sungguhlah penting supaya Kalian tidak terkecoh kala membelinya.

  • Coba koneksikan ke iCloud ataupun iTunes, bila tidak terdapat kekeliruan ataupun error, dapat jadi iPhone yang dibeli ialah iPhone asli.
  • Disaat kalian membeli Iphone janganlah malu buat memeriksa langsung keaslian iPhone lewat salah satu metode di atas. Selanjutnya, cocokan dengan IMEI yang tercantum pada dusbook.
  • Belilah iPhone di Authorized Reseller Apple buat di Indonesia. Gerai legal Apple tidak menjamin jika iPhone yang dijual disana selalu legal. Oleh sebab itu, lakukan pemeriksaan IMEI supaya Kalian tidak memperoleh iPhone yang palsu.
  • Janganlah tergiur dengan harga super hemat, sebab biasanya baik gerai offline ataupun situs jual beli online tidak akan menawarkan iPhone terkini dengan harga yang amat miring. Biasanya, mereka cukup memberikan potongan sebagian persen serta tidak lebih dari 50%.

Baca juga:

Kesimpulan

MEI sungguh berfungsi buat memeriksa keaslian iPhone yang terdapat di tangan Kalian sekarang. Karena, terdapat begitu banyak peranti ilegal yang bersebaran di Indonesia.
Setelah memahami nomor IMEI Kalian, yakinkan IMEI itu tercatat di Situs cek IMEI iPhone yang diadakan negara. Bila terdaftar, maka iPhone yang Kalian punyai dipastikan sudah asli dan legal.

Demikianlah tulisan kali ini mengenai Cara Cek IMEI iPhone Asli atau Palsu dengan simpel. Bagi kalian yang masih bertanya-tanya atau masih bingung mengecek iPhone Kawan, silahkan dapat komentar di bawah. Mudah-mudahan bermanfaat.

error: Content is protected !!